cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 10 Documents clear
ANALISIS KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN BAGGING CART Winalia Agwil; Herlin Fransiska; Nurul Hidayati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.155-166

Abstract

Ketepatan waktu lulus mahasiswa menjadi salah satu indikator penilaian kelayakan program studi sebagai unit pelaksana pendidikan pada perguruan tinggi. Mengetahui faktor yang mempengaruhi waktu lulus mahasiswa akan membantu program studi dan dosen dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan kuantitas mahasiswa lulus tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang karakteristik mahasiswa yang mempengaruhi ketepatan waktu lulus mahasiswa program studi S1 Matematika dengan menggunakan metode Ensemble Tree. Metode Ensemble tree yang digunakan adalah Bagging CART, dengan harapan dapat menghasilkan performa klasifikasi yang tinggi dan gambaran kharateristik mahasiswa yang baik. Data yang digunakan adalah data mahasiswa program studi S1 Matematika dari tahun 2010 sampai dengan 2019.  Kebaikan klasifikasi dilihat dari nilai Accuracy, Sensitivity dan Specificity. Metode pohon klasifikasi tunggal (CART) memberikan nilai Accuracy sebesar 82.1% , sensitivity sebesar 68.2 % dan specificity sebesar 91.2 %. Sedangkan dengan metode Bagging CART diperoleh Accuracy sebesar 85.7% , sensitivity sebesar 77.3 % dan specificity sebesar 91.2 %. Berdasarkan perbandingan nilai akurasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode Bagging pada pohon klasifikasi tunggal CART dapat meningkatkan performa klasifikasi.
FUNGSI CANTOR-LEBESGUE DAN HIMPUNAN TERUKUR LEBESGUE Elin Herlinawati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.99-104

Abstract

Ukuran Lebesgue diperkenalkan oleh Henri Leon Lebesgue. Ukuran ini memetakan aljabar ke - ke[0, ~] .  Hal ini menunjukkan suatu himpunan dapat berukuran Lebesgue positif atau nol. Salah satu himpunan yang mempunyai ukuran Lebesgue nol adalah himpunan Cantor yang faktanya termasuk kedalam himpunan tak terhitung. Artinya, ukuran Lebesgue tidak menyatakan banyaknya anggota di dalam suatu himpunan. Lebih jauh lagi, Teorema Vitali menjamin adanya himpunan yang tidak terukur Lebesgue. Pencarian suatu fungsi yang dapat memetakan suatu himpunan terukur kedalam himpunan yang tidak terukur mejadi fokus pada artikel ini. Fungsi ini diperoleh dengan menjumlahkan fungsi Cantor dengan fungsi linear. Karena ukuran yang digunakan adalah ukuran Lebesgue, maka fungsi ini disebut sebagai fungsi Cantor-Lebesgue. Kemudian, artikel ini juga membahas suatu fungsi kontinu yang memetakan himpunan terukur Lebesgue kedalam himpunan yang tidak terukur Lebesgue. 
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN Aan Pravo Albarado; Viarti Eminita
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.167-174

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya tuntutan atau kemauan belajar dari pihak intern atau ekstern yang mengakibatkan kebiasaan belajar sedemikian rupa dan akankah memiliki dampak yang seimbang pada prestasi belajar atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey (Survey Research) yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling bertingkat. Penelitian ini dilakukan di MTs Khazanah Kebajikan dengan subjek penelitian yaitu 99 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A sebanyak 22 siswa, VIII-B sebanyak 28 siswa, kelas VIII-C sebanyak 23 siswa, dan kelas VIII-D sebanyak 26 siswa. Uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas yaitu uji validitas dengan rumus pearson product momen diperoleh 36 item pernyataan yang valid. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan Chi-Square serta uji homogenitas dengan uji Bartlett dan analisis varians atau ANOVA satu jalan. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil yang normal dan homogen yang menunjukkan χ2hitung < χ2tabel. Dilihat dari hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memiliki dampak terhadap prestasi belajar. Pengujian hipotesis dengan ANOVA didapat Fhitung > Ftabel (10,742 > 3,0912), dengan taraf signifikan 5%, hal ini berarti tolak H0. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan belajar matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan.
INTERIOR SUBGRUP ω-FUZZY Saman Abdurrahman
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.91-98

Abstract

Pada penelitian ini, akan memperkenalkan konsep dari interior subgrup  fuzzy dari suatu grup G, dan akan membuktikan sifat – sifat yang terkait. Instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini adalah konsep dari grup, subgrup, interior subgrup, subgrup fuzzy, interior subgrup fuzzy, dan level subset. Instrumen ini, akan dijadikan sebagai pondasi untuk mengkonstruksi suatu definisi dan sifat (teorema/lemma/akibat) pada struktur interior subgrup  fuzzy, serta dalam membuktikan kesohihannya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah beberapa hasil yang analog dengan beberapa teorema/lemma pada grup fuzzy, secara khusus, bentuk teorema/lemma pada interior subgrup fuzzy dan level subset dari interior subgrup fuzzy.
ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19 Baiq Rika Ayu Febrilia; Ita Chairun Nissa; Pujilestari Pujilestari; Dwi Utami Setyawati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.175-184

Abstract

Seluruh negara di dunia termasuk Indonesia terkena dampak virus berbahaya bernama Covid-19. Untuk memberhentikan rantai penyebaran virus ini, pemerintah memberikan kebijakan untuk melakukan aktivitas dari rumah masing-masing. Akibat dari kebijakan ini, mahasiswa haruslah melakukan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlibatan dan respon mahasiswa dalam pembelajaran daring menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Mandalika berjumlah sepuluh orang. Adapun proses pengumpulan data melalui dua macam angket yaitu angket keterlibatan dan respon mahasiswa yang diperkuat dengan hasil wawancara, Untuk analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif berdasarkan skor pengisian angket dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring selama masa Covid-19 cukup baik ditandai dengan partisipasi mahasiswa yang cukup tinggi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dosen, mengumpulkan tugas sesuai deadline, aktif dalam forum diskusi antar mahasiswa maupun dengan dosen serta munculnya berbagai sikap positif yang ada pada diri mahasiswa. Pelaksanaan perkuliahan dengan menggunakan Google Classroom mendapat respon yang positif serta keterlibatan penuh dari mahasiswa karena memberikan atmosfer baru dalam perkuliahan mereka, memudahkan mereka dalam mengakses bahan perkuliahan kapan dan di mana saja. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan atas pelaksanaan pembelajaran daring.
MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNANETRA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PANDIKAR BERKODE BRAILLE Dini Ken Rumantiningsih; Erni Puji Astuti; Riawan Yudi Purwoko
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.105-114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media PANDIKAR (Papan Koordinat Kartesius) berkode braille yang merupakan salah satu alternatif media pembelajaran matematika untuk siswa tunanetra pada materi sistem koordinat kartesius. Keterbatasan indera penglihatan yang dimiliki oleh siswa tunanetra membuat mereka mengalami kesulitan untuk memahami materi sistem koordinat kartesius dikarenakan sebagian besar materi tersebut mengandung informasi visual. Penggunaan media ini akan mempermudah siswa untuk belajar dikarenakan media ini memiliki komponen-komponen yang dibutuhkan oleh siswa tunanetra. Tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE) digunakan sebagai model pengembangan oleh peneliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar respon siswa, pedoman wawancara, dan soal tes merupakan instrumen yang digunakan peneliti. Media dikatakan layak jika sesuai dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial digunakan oleh peneliti sebagai teknik untuk menganalisis data. Setelah analsis data, penilaian validasi produk dikategorikan sangat valid dengan skor 4,85, penilaian kepraktisan sangat baik dengan skor 4,375, dan penilaian keefektifan yang berasal dari (a) respon siswa sangat positif dengan persentase 90,625%, dan (b) hasil tes evaluasi belajar siwa berhasil melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil dan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Papan Koordinat Kartesius berkode braille layak digunakan serta dapat mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA (MONIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Indah Parsianti; Hastri Rosiyanti; Rahmita Nurul Muthmainnah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.133-140

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dan antusias pada proses pembelajaran matematika, kurangnya penggunaan media pembelajaran juga menjadi penyebab dari kurangnya pembelajaran yang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik SMP keluarga Widuri. Berdasarkan analisis peneliti melakukan desain pembelajaran monopoli aritmatika (monika). Peneliti melakukan desiain layout dengan bantuan PhotoShop. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket. Validator yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran monika adalah validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Perbaikan-perbaikan telah dilakukan dengan arahan para ahli yang dapat disimpulkan bahwa media monika dinyatakan layak uji dan telah di uji cobakan pada kelas kecil sehingga media pembelajaran layak digunakan. Hasil desain pembelajaran monopoli aritmatika diharapkan dapat meningkatkan semangat dan raasa percaya diri peserta didik untuk terus belajar matematika.
PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER Ifka Nurafni Hibatullah; Susanto Susanto; Lioni Anka Monalisa
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.115-124

Abstract

Kemampuan spasial yang baik membantu siswa SMA dalam meningkatkan pemahaman mereka dalam memahami simbol, bentuk, tabel, dan gambar dalam pembelajaran geometri. Siswa dengan tipe kepribadian berbeda memiliki level kecerdasan visual-spasial yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Unsur-unsur kemampuan spasial yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah persepsi spasial, rotasi mental, dan visualisasi spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas X MIPA 1, SMA Negeri 1 Jember. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis angket kepribadian untuk menentukan subjek. Dilanjutkan analisis hasil tes, dan analisis transkrip wawancara, kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil tes dan wawancara diperoleh keterangan bahwa siswa sanguinis dan phlegmatis mampu memenuhi semua indikator dari unsur persepsi spasial dan rotasi mental. Siswa melankolis mampu memenuhi semua indikator pada setiap unsur kemampauan spasial. Siswa koleris mampu memenuhi semua indikator persepsi spasial dan 2 indikator pada unsur rotasi mental dan visualisasi spasial.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ Ririn Widiyasari; Arlin Astriyani; Karina Vianka Irawan
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.131-154

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning pada materi lingkaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Subjek pada penelitian ini  adalah siswa SMP Labschool FIP UMJ kelas VIII tahun ajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan model 4D Thiagarajan yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), pengembangan (validasi ahli dan uji coba) dan penyebaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TBKM). Variabel penelitian meliputi variabel perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes, pengamatan dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa yang terdiri dari Silabus, RPP, LKS dan Buku Siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan dinyatakan memenuhi validitas isi dan validitas konstruk yang ditetapkan oleh orang yang ahli (pakar) di bidangnya. Maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid. Dari hasil desain pengembangan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT Rizki Wulansari; Anisah Ayu Rizqi Putri; Dian Nopitasari
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 2 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.2.125-132

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota tangerang, kami ingin menguji kemampuan pemecahan masalah aljabar dengan menggunakan taksonomi solo ditinjau dengan gaya kognitif. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Pertanyaan yang kami berikan sesuai dengan indikator pemecahan masalah dan hasil jawaban akan dipilih sesuai dengan tingkatan dalam taksonomi tunggal. Pelajaran dilakukan dengan menggunakan 6 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD. Gaya kognitif dibagi dengan menggunakan tes geft terlebih dahulu. Data tersebut akan dijelaskan secara deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang ditemukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10